Close

Perkecil PDF Tanpa Kehilangan Kualitas: Bagaimana?

PDF adalah format serbaguna dan banyak digunakan untuk berbagi dokumen; oleh karena itu, ini memainkan peran penting dalam komunikasi pribadi dan bisnis karena sebagian besar transaksi dilakukan secara digital. Pasalnya, PDF bisa dibuka dan dilihat di berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan smartphone.

Selain itu, ini mempertahankan pemformatan asli dokumen, apa pun perangkat yang Anda gunakan untuk melihatnya.

Selain itu, PDF dapat dilindungi kata sandi dan dienkripsi, membuatnya aman untuk berbagi informasi sensitif. Namun demikian, file Anda terkadang menjadi terlalu besar, membuat berbagi file menjadi sulit karena beberapa platform tidak menerima lebih dari ukuran file yang terbatas.

Oleh karena itu, Anda harus memperkecil ukuran PDF agar dapat dikirim dengan mudah. Dalam posting blog ini, kami akan menjelaskan bagaimana Anda bisa perkecil ukuran PDF tanpa kehilangan kualitas.

Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Anda dapat mengadopsi dua cara untuk mengurangi ukuran file PDF Anda. Anda dapat melakukannya secara online dengan bantuan layanan PDF terkompresi berbasis web atau meminimalkan ukuran file PDF secara offline dengan berbagai aplikasi dan perangkat lunak. Mari kita bahas pendekatan ini secara mendetail.

Kompresi PDF Online Menggunakan Alat

Ini adalah solusi terbaik untuk kompres file PDF tanpa menurunkan resolusi. Itu karena Anda tidak perlu mengunduh dan menginstal program apa pun untuk memanfaatkan layanan ini; oleh karena itu, penyimpanan perangkat Anda tidak dikonsumsi.

Selain itu, Anda tidak diminta untuk mendaftar dengan memberikan kredensial atau membuat akun di situs yang menyediakan layanan tersebut.

Sebagai gantinya, Anda dapat mendarat di platform ini dan menggunakan alat kompresi PDF. Selain itu, mereka kompatibel dengan hampir semua perangkat, termasuk smartphone, laptop, dan desktop. Itu sebabnya Anda dapat menjalankannya secara efisien di mana saja di seluruh dunia untuk kompres PDF file.

Banyak situs memfasilitasi pengguna dengan kompresor PDF. Meskipun demikian, jika Anda menginginkan kompresi yang cepat dan akurat tanpa takut kehilangan data sensitif, Anda dapat menggunakannya https://www.duplichecker.com/id/compress-pdf.php. Dengan bantuan alat yang angkuh ini, Anda dapat memperkecil ukuran PDF hingga di bawah 100 Kb dalam sekejap.

Untuk menikmati kompresi PDF dari layanan ini, Anda harus mengimpor file yang Anda inginkan ke dalam kotak file dan mengklik tombol “kompres PDF”, yang akan memperkecil ukuran file dalam hitungan detik.

Anda dapat menarik dan melepas file Anda langsung dari perangkat atau penyimpanan cloud, dan Anda bahkan dapat menggunakan tautan file untuk mengurangi ukurannya. Setelah algoritme alat memberi Anda file yang ukurannya diperkecil, Anda dapat mengunduhnya untuk disimpan di perangkat Anda. Ada beberapa manfaat berbeda yang dapat Anda manfaatkan dari alat ini. Misalnya, ini gratis, jadi Anda dapat mengompresi file PDF yang tak terhitung jumlahnya setiap hari tanpa menghadapi kerumitan apa pun.

Selain itu, tata letak dokumen Anda tetap utuh sehingga Anda tidak perlu mengatur file Anda lagi.

Selain itu, itu tidak membagikan file yang Anda unggah dengan pihak ketiga mana pun. Sebaliknya, layanan ini menghapus file Anda dari basis datanya setelah PDF Anda dikompresi.

Kompresi PDF Melalui Sarana Offline

Anda juga dapat kompres file PDF di ponsel dan desktop menggunakan aplikasi dan perangkat lunak yang berbeda, masing-masing, jika Anda tidak memiliki persediaan koneksi internet yang konsisten.

Namun, untuk memanfaatkannya, Anda harus menginstal berbagai program di perangkat Anda terlebih dahulu, lalu Anda dapat memilih yang terbaik setelah menganalisis kinerjanya.

Hal terbaik tentang program ini adalah mereka tidak hanya memfasilitasi pengguna dengan fasilitas kompresi PDF tetapi juga beberapa opsi lain, seperti konversi PDF, penggabungan PDF, dll.

Selain itu, dengan beberapa di antaranya, Anda dapat memutar halaman file, mengenkripsi dan mendekripsi file PDF, menghapus dan mengatur ulang halaman PDF, dan mengekstrak gambar dari PDF.

Salah satu contoh dari program ini adalah Adobe Acrobat PDF, yang tersedia dalam bentuk aplikasi seluler dan perangkat lunak desktop.

Untuk perkecil ukuran PDF dengan program Adobe Acrobat, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pilih file PDF yang ingin Anda kompres dari perangkat Anda.
  • Pilih “File” di menu atas dan pilih “Save As.”
  • Dalam daftar opsi “Simpan Sebagai”, pilih “Ukuran PDF yang Dikurangi” dari menu tarik-turun “Simpan Sebagai Jenis”.
  • Klik tombol “Opsi” untuk membuka kotak dialog opsi PDF.
  • ¬†Dari opsi tersebut, pilih opsi “Kurangi Ukuran File” di menu.
  • Gunakan opsi yang ada di panel sisi kanan untuk menentukan elemen mana dari file yang ingin Anda kompres, seperti font atau gambar. Selain itu, Anda dapat menggunakan menu tarik-turun “Kualitas” untuk menentukan tingkat kompresi.
  • Klik “OK” untuk menutup kotak opsi dialog.

Di kotak dialog “Simpan Sebagai”, pilih lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan file terkompresi, masukkan nama file dan klik “Simpan”. Akibatnya, file Anda akan disimpan dalam ukuran yang diperkecil ke perangkat Anda tanpa kehilangan bentuk dan kualitas.

Catatan Akhir

Perampingan file PDF besar diperlukan karena berbagi file besar dapat membuat Anda frustrasi ketika memuat terlalu lama. Namun, saat Anda mendapatkannya dalam ukuran yang dioptimalkan, berbagi file menjadi lebih cepat, sehingga Anda tidak hanya menghemat waktu tetapi juga energi.

Tinggalkan komentar