Seberapa Penting Melakukan Content Analysis untuk Strategi Marketing Bisnis?

Content analysis atau analisis konten merupakan bagian penting dari strategi marketing, terutama campaign content marketing. Soalnya, analisis ini bisa membantu Anda memonitor keberhasilan campaign serta mengidentifikasi adanya gap dalam strategi marketing yang dapat diperbaiki dan ditingkatkan.

Nah, analisis konten sendiri adalah proses analisis konten untuk mengetahui performanya. Anda bisa melakukan analisis ini pada bisnis atau brand Anda sendiri untuk mencari tahu seberapa efektif hasil dari strategi content marketing yang diterapkan saat ini. Dengan begitu, Anda akan bisa menilai kalau tujuan konten sudah tercapai dan apakah Anda perlu melakukan perbaikan maupun peningkatan.

Tak hanya itu saja, lewat Content analysis Anda pun bisa menganalisis kompetitor lewat konten-konten mereka. Dengan memahami performa konten kompetitor, Anda akan bisa membuat keputusan yang lebih bijak mengenai strategi content marketing Anda. Sebagai contoh, analisis konten bisa membantu Anda mengidentifikasi apa saja keyword SEO kompetitor yang di-rank Google, tapi yang tidak di-rank untuk SEO website Anda. Dari situ, Anda bisa menciptakan konten baru dengan keyword serupa yang dapat meningkatkan traffic organik website.

Masih ragu memulai analisis konten? Tak perlu khawatir, karena meskipun proses ini bisa makan waktu, Anda bisa gunakan platform atau tool pihak ketiga untuk menyederhanakan prosesnya namun dengan hasil yang lebih optimal. Salah satunya adalah Matamaya.

A. Rosad

Tinggalkan komentar