Dalam digital marketing, konten merupakan hal yang berperan sangat penting dan memiliki pengaruh cukup kuat kepada suatu bisnis yang sedang dijalankan terutama di sosial media. Kita pasti sering melihat berbagai macam konten yang dikemas dengan cara unik dan menarik. Hal ini tak terlepas dari adanya peran Content Analysis. Berikut pengertiannya dan seberapa penting untuk marketing.
Pengertian Analisis Konten
Content analysis adalah sebuah aktivitas identifikasi keefektifan konten yang diukur dari metrik, jumlah penampilan konten, pengunjung yang melihat konten, sampai melihat apakah konten dapat menghasilkan penjualan. Analisis konten dapat menganalisis apakah hal yang dipublikasikan telah mendapat reaksi berupa positif dan negatif.
Apabila ditemukan reaksi dari konten baik berupa gambar, video, tulisan, suara, infografis, dan lainnya, pemilik bisnis atau humas bisa langsung melakukan tindakan berupa antisipatif ataupun represif. Itulah pengertian analisis isi (content analysis).
Seberapa Penting Analisis Konten
Mengapa Content analysis itu penting? Analisis konten bisa memberi arahan, informasi hingga bujukan agar audiens tertarik melakukan pembelian dan membantu tingkatkan penjualan. Tanpa adanya konten, audiens tak akan paham pesan apa yang disampaikan.
Sehingga berdampak kurang baik juga untuk perkembangan bisnis. Itulah mengapa hal ini sangat penting. Penting juga untuk memanfaatkan tools supaya semakin mudah melakukan analisis. Dengan Matamaya, anda bisa pantau analisis di berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain serta raih target impian anda.
Demikian pembahasan tentang seperti apa itu analisis konten dan pentingnya tools analisis konten untuk digital marketing. Tetaplah fokus pada tujuan anda dan ciptakan konten-konten yang menarik.