10 Merk Makanan Kucing yang Berbahaya

Bagi anda yang baru memelihara kucing di rumah, sebaiknya perlu mengetahui bahwa kucing tidak bisa makan apa saja. Meski si manis tidak menolak ketika anda memberinya makanan tertentu, namun ada beberapa makanan yang sebenarnya dilarang untuk dikonsumsi oleh kucing karena dapat berbahaya bagi kesehatan mereka. Apa saja ? Yuk cari tahu.

Tips Memilih Makanan Terbaik untuk Kucing Peliharaan

Sebelum mencari tahu makanan apa saja yang berbahaya dan tidak baik bagi kesehatan kucing, anda sebaiknya mengetahui beberapa tips memilih makanan terbaik untuk kucing peliharaan. Mengetahuinya akan membantu anda mendapatkan makanan yang bagus untuk anabul. Berikut simak tipsnya.

1. Mempunyai Sumber Protein dan Lemak Hewani

Makanan yang paling bagus untuk kucing peliharaan adalah yang memiliki sumber protein dan lemak hewani. Sebab kucing pada dasarnya adalah karnivora, sehingga mereka membutuhkan protein dan lemak hewani sebagai nutrisi utama. Dimana anda bisa mendapatkannya dari daging sapi, daging ayam, unggas, kalkun, ikan, atau daging lainnya.

2. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Meskipun protein dan lemak hewani adalah sumber nutrisi utama bagi kucing, namun si manis juga membutuhkan kandungan karbohidrat. Kandungan karbohidrat ini digunakan sebagai sumber energi dan serat makanan bagi tubuh mereka. Sama seperti manusia, serat di dalam tubuh kucing sangat berguna untuk sistem pencernaan dan pembuangan yang baik.

Dalam hal ini, biji bijian akan menjadi sumber karbohidrat yang sangat baik untuk kucing anda. Namun apabila anabul kurang suka dengan rasa yang ditawarkan oleh jenis makanan tersebut, maka biji bijian bisa diganti menggunakan sumber karbohidrat lainnya yang lebih disukai seperti kentang.

3. Mengandung 95 Persen Bahan Utama di Label

Apabila ingin membeli makanan kemasan untuk kucing peliharaan, sebaiknya pilih merk yang mengandung 95 persen bahan utama pada labelnya. Yang dimaksud di sini yaitu jika makanan kucing kemasan bertajuk “Chicken Cat Food”, itu berarti pada labelnya harus menunjukkan 95 persennya mengandung bahan utama tersebut, tidak termasuk dengan tambahan air.

Jadi produk yang memberi klaim kandungan rasa tertentu harus mengandung bahan tersebut dalam jumlah yang bisa terdeteksi. Apabila produknya mempunyai bahan tambahan lain, maka hanya perlu mengandung sekitar 3 persen saja atau kurang dari 5 persen.

Makanan Kucing Berbahaya yang Harus Dihindari

1. Makanan Mentah

  • Jenis makanan : Makanan mentah
  • Alasan dihindari : Mengandung virus, bakteri, dan parasit yang bisa menyebabkan keracunan

Makanan seperti daging ayam, daging sapi, telur, dan ikan memang dapat menjadi sumber nutrisi utama yang sangat baik bagi kucing. Meskipun begitu, anda sebaiknya tidak memberikan makanan mentah pada makhluk berkaki empat tersebut. Karena makanan mentah umumnya mengandung virus, bakteri, atau parasit yang bisa menyebabkan kucing keracunan.

2. Susu atau Produk Susu Sapi

  • Jenis makanan : Susu atau produk susu sapi
  • Alasan dihindari: Mengandung laktosa yang sulit dicerna kucing

Banyak orang yang tidak tahu bahwa kucing sebenarnya tidak boleh mengonsumsi susu sapi. Itu karena susu sapi mengandung laktosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kucing. Alhasil susu maupun produk susu seperti keju bisa memicu gangguan pencernaan pada kucing, seperti muntah dan diare. Beberapa anabul mungkin juga mempunyai alergi susu, jadi sebaiknya dihindari.

Jadi apabila ingin memberikan susu pada kucing, khususnya bayi kucing, maka sebaiknya membeli produk khusus. Biasanya susu untuk kucing telah diformulasikan tanpa kandungan laktosa. Sehingga susu formula kucing ini dapat menjadi alternatif apabila si manis tidak dapat minum susu dari induknya.

3. Ikan Tuna

  • Jenis makanan : Ikan tuna
  • Alasan dihindari : Mengandung merkuri yang berisiko menyebabkan keracunan

Meskipun sudah dimasak sekalipun, sebaiknya anda tidak memberikan ikan tuna kepada kucing. Apalagi jika ikan tuna sudah digoreng dengan minyak yang banyak lemaknya. Makanan seperti ini bisa membuat kucing kecanduan sampai bertambah gendut dengan tidak wajar. Bahkan ikan tuna bisa mengandung banyak merkuri yang berisiko menyebabkan keracunan.

4. Cokelat

  • Jenis makanan : Cokelat
  • Alasan dihindari : Mengandung kafein dan zat theobromin yang tidak baik untuk kucing

Cokelat adalah salah satu makanan yang pantang dimakan oleh anabul, terutama dark dan baking chocolate atau cokelat bubuk yang biasa digunakan untuk membuat kue. Itu karena cokelat mengandung kafein dan zat bernama theobromin yang dapat menyebabkan masalah jantung, tremor otot, kejang kejang, dan suhu tubuh tinggi pada si manis.

5. Tulang

  • Jenis makanan : Tulang
  • Alasan dihindari : Tulang bisa merusak usus kucing, menyebabkan tersedak, dan merusak gigi

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang memberi makan tulang kepada anjing dan kucing. Mereka mungkin tampak menikmatinya, namun harus diketahui bahwa tulang yang telah hancur di dalam tubuh anabul masih berisiko merusak ususnya. Karena usus kucing tidak punya kemampuan untuk memproses tulang. Selain itu, tulang bisa membuat mereka tersedak dan gigi rusak.

6. Ikan Asin

  • Jenis makanan : Ikan asin
  • Alasan dihindari : Mengandung banyak garam yang membuat bulu kucing rontok

Makanan kesukaan kucing selalu identik dengan ikan asin. Akan tetapi, sejatinya ikan asin kurang baik untuk makhluk berbulu lembut ini. Kenapa ? Karena ikan asin punya banyak kandungan garam yang dapat membuat bulu kucing menjadi mudah rontok. Apalagi tubuh kucing memang didesain untuk memakan daging hewan tanpa rasa dan tanpa garam.

7. Sosis

  • Jenis makanan : Sosis
  • Alasan dihindari : Mengandung bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh kucing

Dokter hewan dan ahli kucing masih memperdebatkan mengenai hal ini. Namun sebaiknya anda tidak terlalu sering memberi sosis kepada kucing peliharaan. Pasalnya sosial pasti sudah dicampur dengan bahan pengawet yang tidak baik untuk tubuh kucing.

8. Bawang Bawangan

  • Jenis makanan : Bawang bawangan
  • Alasan dihindari : Kandungan di dalam bawang bawangan tidak bisa dicerna oleh kucing

Jika ingin membuat menu sendiri untuk makanan kucing, sebaiknya jangan gunakan bawang bawangan. Tidak seperti manusia, kandungan yang terdapat di dalam bawang bawangan tidak bisa dicerna oleh kucing. Jadi meskipun mereka mungkin menyukainya, lebih baik tidak diberikan.

9. Kopi

  • Jenis makanan : Kopi
  • Alasan dihindari : Mengandung kafein yang bisa menyebabkan kucing gemetar sampai kejang dan sesak napas

Anda pasti pernah dengar berita berita viral seperti kucing minum kopi dan sejenisnya. Namun jangan pernah mencoba hal serupa pada kucing kesayangan. Karena kopi termasuk jenis minuman yang tidak baik bagi anabul. Karena kopi mengandung kafein tinggi yang bisa menyebabkan kucing gemetar, kejang, sesak napas, hiperaktif, dan peningkatan detak jantung.

10. Alpukat

  • Jenis makanan : Alpukat
  • Alasan dihindari : Mengandung persin yang bisa membuat kucing mengalami muntah, diare, bahkan pankreatitis

Alpukat adalah makanan yang kurang baik bagi beberapa hewan, termasuk kucing. Kandungan persin yang ada pada kulit buah alpukat justru bisa berbahaya untuk si manis. Jadi ketika kucing memakan alpukat, besar kemungkinan mereka akan muntah, diare, bahkan mengalami pankreatitis.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Mampu:

A. Rosad

Tinggalkan komentar