Kegiatan

 

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Sapa Perempuan Kepala Keluarga Jawa Timur

7 Oktober 2019
Penulis: amron

Pada 15 Juli 2019, Allaster Cox, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia mengunjungi kelompok perempuan kepala keluarga anggota PEKKA di Bangkalan dan Sampang, Jawa Timur.

Allaster berdiskusi dengan para anggota Serikat PEKKA tentang tantangan yang mereka hadapi dalam mengajak perempuan di desanya aktif bergabung dalam serikat. Anggapan negatif dari masyarakat sekitar Bangkalan dan Sampang pernah menghampiri anggota Serikat PEKKA, namun hal tersebut terbukti keliru dengan banyaknya perempuan Bangkalan dan Sampang yang merasa pengetahuan dan kepercayaan diri mereka meningkat setelah bergabung dengan Serikat PEKKA. Selain itu, mereka sekarang sadar atas hak-hak mereka termasuk mendapatkan akses ke layanan dasar pemerintah Indonesia.

Hal senada disampaikan oleh H. Kaprawi, Kepala Desa Tana Merah, Kabupaten Bangkalan yang turut hadir. Kaprawi mengapresiasi dukungan Serikat PEKKA di Kabupaten Bangkalan yang telah mengubah persepsi masyarakat tentang pentingnya dokumen legal/hukum untuk mengakses layanan dasar pemerintah. Sebelumnya, masyarakat tidak peduli dan hanya mencari akses ketika terjadi situasi darurat. Serikat PEKKA di Jawa Timur yang didukung oleh Program MAMPU bekerja di 2 kabupaten, yaitu Bangkalan dan Sampang merangkul lebih dari 900 perempuan kepala keluarga melalui 48 kelompok perempuan. PEKKA memulai kelompok perempuan di wilayah ini pada tahun 2010, lalu diperkuat dengan hadirnya MAMPU di tahun 2014.