Kegiatan

 

Rayakan Pink Day, ‘Aisyiyah Luncurkan Panduan Asuhan Paliatif di Kabupaten Bantaeng

28 November 2019
Penulis: amron

Bertepatan dengan bulan kesadaran kanker payudara yang jatuh pada setiap bulan Oktober, ‘Aisyiyah mengadakan Pink Day dengan kegiatan puncak peluncuran buku “Panduan Asuhan Paliatif Terpadu di Komunitas”. Panduan ini digagas oleh ‘Aisyiyah dengan dukungan Program MAMPU, bekerjasama dengan puskesmas, bidan, perangkat pemerintahan, tokoh masyarakat dan agama. Kegiatan Pink Day yang dilaksanakan di Pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng pada akhir pekan (20/10) lalu dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah (PPA), Wakil Bupati Bantaeng, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA), Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA), wakil Puskesmas dan masyarakat setempat.

“Pasien kanker dan pasien dengan penyakit menahun, membutuhkan perhatian dan pendampingan khusus, mulai dari pengobatan hingga penanganan aspek psikososial dan spiritualnya, begitu pula dengan keluarga pasien,” ujar In’am, Ketua PDA Kabupaten Bantaeng.

Pemerintah Kabupaten Bantaeng menyambut baik kehadiran Panduan ini. “Kami akan terus mendorong seluruh puskesmas di Bantaeng agar mengimplementasikan [Asuhan Paliatif] ini,” ujar Andi Ihsan, Kepala Dinkes Bantaeng. Pernyataan tersebut didukung penuh oleh Sahabuddin, Wakil Bupati Kabupaten Bantaeng, “Kami dukung sepenuhnya progam ini sebagai wujud kepedulian daerah terhadap penderita kanker dan penyakit katastropik lainnya.”

Selain peluncuran Panduan Asuhan Paliatif Terpadu, perayaan Pink Day ini juga memfasilitasi dilakukannya tes IVA dan Sadarnis, bazar produk Bina Usaha Ekonomi Keluarga ‘Aisyiyah, kegiatan donor darah, penyerahan dana Gerakan Infaq Sayang Ibu, dan menyelenggarakan jalan santai yang diikuti oleh ribuan warga masyarakat.