Kegiatan

 

Perkembangan dan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dalam Forum Kajian Pembangunan SMERU

28 November 2019
Penulis: amron

Dua mitra MAMPU, Komnas Perempuan dan Forum Pengada Layanan (FPL) menjadi narasumber dalam seri seminar Forum Kajian Pembangunan (FKP) yang diselenggarakan SMERU pada Kamis, 10 Oktober 2019, di Balai Kota Jakarta. Ketua Komnas Perempuan, Azriana R. Manalu, menyampaikan tentang perkembangan beragam kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi di Indonesia. Sedangkan Veni Siregar, Direktur FPL, menginformasikan usaha pencegahan dan penanganan korban kekerasan yang dilakukan oleh berbagai organisasi pengada layanan.

Veni menekankan pentingnya sinergi layanan dengan proses penegakan hukum yang saat ini secara umum masih lemah, termasuk di DKI Jakarta. Sebagai rekomendasi, FPL kenalkan konsep Sistem Peradilan Pidana Terpadu Penanganan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan (SPPT-PKKTP), suatu sistem pelayanan terpadu yang mengutamakan kerjasama multipihak yang berwenang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan serta membuka akses ke pelayanan yang mudah dan terjangkau bagi perempuan dalam setiap proses peradilan kasus kekerasan terhadap perempuan.

Didukung oleh Program MAMPU, 20 FPL bekerjasama dengan pemerintah untuk menerapkan konsep SPPT-PKKTP di 5 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku.