Kegiatan

 

MAMPU-YKP: Stop Kekerasan terhadap Perempuan Sejak Dini

19 Desember 2018
Penulis: Drevina Andarini

Selasa, 11 Desember 2018, MAMPU bersama Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) menyelenggarakan acara diskusi rutin, Brown Bag Lunch (BBL) yang mengangkat tema “Jangan Tutup Mata: Stop Kekerasan terhadap Perempuan”, khususnya dalam berpacaran. Diskusi yang dipandu oleh Intan Febriani (Program MAMPU), diisi oleh pembicara Nanda Dwinta (YKP) dan M. Rezeky (Aliansi Laki-Laki Baru) ini berlangsung di Ruang Audio Visual SMAN 54 Jakarta, dan dihadiri oleh 70 siswa dan siswa kelas X dan XI.

Nanda menekankan pentingnya bersuara dan menjaga kesetaraan dalam relasi antara perempuan dan laki-laki.

Pentingnya menjaga kesetaraan tersebut dari segala segi, termasuk bagaimana perempuan juga berhak atas kesempatan menempuh pendidikan yang sama tingginya dengan laki-laki. Sedangkan dari sisi laki-laki, Rezeky menyampaikan bahwa dalam menjaga relasi yang sehat diperlukan pikiran yang lebih terbuka, dan membiasakan diri menghargai orang lain.

 

 

Perempuan korban kekerasan seringkali menghadapi kesulitan dalam mengakses layanan hukum dan medis secara menyeluruh akibat stigma yang cenderung menepikan korban. Tidak hanya itu, perempuan korban kekerasan juga menghadapi sanksi sosial, baik dari dari keluarga, maupun lingkungan sekitar.