Kegiatan

 

Forum Layanan Berbasis Komunitas Dampingi Korban Kekerasan

26 Juli 2019
Penulis: amron

HAPSARI, salah satu mitra MAMPU di Deli Serdang, Sumatra Utara, yang fokus terhadap isu kekerasan terhadap perempuan dan anak memperkuat solidaritas dan dukungan kepada korban dengan membentuk Forum Layanan Berbasis Komunitas (LBK) di tingkat kabupaten. LBK adalah layanan yang diinisiasi oleh sekelompok masyarakat tingkat desa untuk memberikan pendampingan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan khususnya, sertamendukung upaya peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial dasar di desa umumnya. Penyelenggaraannya melibatkan masyarakat, pemerintahan desa dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan.

Pada tahun 2018 komitmen Pemerintah Desa Denai Kuala untuk mendukung kerja-kerja LBK dibuktikan dengan adanya kebijakan berupa Peraturan Desa tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak. Hal baik ini diharapkan dapat terjadi di sejumlah desa lain. Oleh karena itu, HAPSARI mendorong terbentuknya Forum LBK di Kabupaten Deli Serdang. Pembentukan Forum LBK sekaligus membentuk kelengkapan F-LBK sebagai organisasi massa yang memiliki struktur kepengurusan, program, rencana kerja dan mekanisme pengelolaan F-LBK.

Forum LBK diharapkan menjadi wadah yang dapat memperluas partisipasi perempuan sebagai penggerak warga. Dengan demikian meningkatkan kepedulian pemerintah terhadap perempuan korban kekerasan dan mendukung upaya peningkatan kualitas perempuan desa.