Kegiatan

 

Dorong Keberlanjutan, MAMPU Adakan Pelatihan Bisnis Sosial untuk Mitra

26 Juli 2019
Penulis: amron

Sebagai bagian dari strategi untuk membangun keberlanjutan organisasi Mitra, Program MAMPU mengadakan pelatihan bisnis sosial di Jakarta, Rabu-Jumat (19-21 Juni).

Dua hari pertama pelatihan, yang diadakan bersama Instellar, terbagi atas dua jalur sesuai kebutuhan masing-masing mitra. Pembuatan model bisnis menggunakan Social Lean Canvas (SLC) diikuti oleh mitra yang tengah menggali ide dan bentuk bisnis sosial mereka. Sementara itu, mitra yang sudah memiliki aktivitas bisnis yang menghasilkan pendapatan mengikuti pelatihan perencanaan bisnis dan berbagi pengalaman dengan pelaku bisnis sosial binaan Instellar.

Pada hari terakhir, Mitra mendapatkan pelatihan dari Kopernik tentang 4P Marketing Mix untuk memasarkan barang maupun jasa dari bisnis mereka. Konsep ini mencakup empat elemen, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Mitra diminta mendiskusikan dan menjelaskan produk yang mereka unggulkan menggunakan empat elemen penting ini. Ketika berbagi, Mitra menyadari pentingnya peran pasar dalam menentukan kualitas produk yang mereka hasilkan.

“Banyak inisiatif yang belum dikelola secara profesional, tapi permintaannya sudah ada,” ungkap Susan dari Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI), mitra Program MAMPU untuk area tematik kekerasan terhadap perempuan.