Kegiatan

 

Anggota DESBUMI Terlibat Aktif dalam Rencana Pembangunan Desa di Jember

7 Oktober 2019
Penulis: amron

Pada 19 Juli lalu, Wakil Duta Besar Australia, Allaster Cox menghadiri acara diskusi bertajuk “Inisiatif Desa untuk Perlindungan Pekerja Migran” di Dukuhdempok Kab. Jember. Diskusi ini dimaksudkan sebagai wadah berbagi pengalaman masyarakat desa tentang bagaimana mengembangkan tata kelola migrasi yang aman melalui DESBUMI. Model layanan DESBUMI di tingkat desa, yang didukung oleh Program MAMPU, ditujukan untuk melindungi pekerja migran sebelum, saat dan setelah bermigrasi. Model ini juga mendorong keterlibatan masyarakat dalam diskusi perencanaan dan alokasi dana desa untuk pembangunan desa migrasi yang aman, mendukung pemberdayaan masyarakat dan menciptakan mata pencaharian.

Selain melibatkan aparat dari instansi terkait seperti pemerintah desa, BPD dan PPT DESBUMI, diskusi ini juga dihadiri oleh mahasiswa KKN dari Universitas Jember dan BPJS ketenagakerjaan.

Salah seorang peserta, Dewi Srikandi, kader DESBUMI dari desa Dukuhdempok mengungkapkan kegembiraannya karena pemerintah desa sudah membuatkan outlet kios untuk produk yang dihasilkan oleh mantan buruh migran. Dewi bersama 25 anggota DESBUMI Dukuhdempok yang aktif dalam kegiatan pengelolaan kios DESBUMI secara rutin menjajakan dagangan mereka seperti sirup jahe, kripik tempe, opak gulung dan aneka olahan kuliner lain di kios DESBUMI untuk meningkatkan pendapatan keluarga mereka.